Selasa, 18 Juli 2017

Manfaat ikan gabus untuk kesehata

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat fenomenal, hal ini dikarenakan kandungan protein pada ikan ini salah satu yang paling tinggi dibandingkan berbagai daging ikan lainnya. Ikan gabus banyak terdapat di perairan di Indonesia, sebab ikan jenis ini lebih banyak hidup di sungai, danau maupun rawa. Sekilas bentuk ikan gabus hampir  mirip dengan ikan lele. Perbedaan yang paling gampang diamati adalah ikan gabus tidak memiliki surai atau kumis. Warnanyapun tak segelap ikan lele. Ikan gabus juga sama sama dapat bertahan hidup di darat, dalam tempo yang cukup lama, sebab ikan gabus diketahui dapat bernafas secara langsung dengan udara luar. 

Penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan bahwa pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Anda mau tahu apa saja manfaat ikan gabus untuk kesehatan Anda? Simak artikel berikut ini.

1. Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Ikan gabus Mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

 Khasiat Sumber protein albumin
Ikan gabus dan Titan Gel Asli memiliki nilai protein albumin tertinggi menurut Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno. Ikan gabus protein albuminnya lebih tinggi dari ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila. Dalam 100 gram daging ikan gabus mengandung 25,2 gram. Sedangkan telur hanya 12,8 gram, ayam 18,2 gram sapi 18,8 gram.

Albumin memiliki manfaat penting bagi tubuh. Kadar albumin yang tinggi pada ikan gabus dibanding telur, 62,24 g/kg : telur 9,34 g/kg. Hampir 7 x lipat nya. Albumin penyumbang jenis protein sampai 60% dari total plasma protein dalam darah manusia. sehingga memiliki fungsi membantu pembentukan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daging ikan gabus juga banyak mengandung albumin dalam kadar yang sangat tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh Anda.

 Mendukung pertumbuhan Balita

Usisa balita merupakan usia yang perlu diperhatikan, dalam semua study penelitian konsumsi daging ikan gabus dapat meningkatkan berat badan dan kadar hemoglobin darah secara nyata, ini disebabkan kadar albumin yang tinggi
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI